Kamis, 03 Desember 2009

Kurban dan aqiqah

kurban dan aqiqah,
kedua hal ini sama-sama merupakan ibadah dan sunah rosul,
perbedaan utama hanya terletak pada tujuan. jika untuk kurban, hewan yang disembelih merupakan bentuk syukur atas segala nikmat khidupan. untuk aqiqah hewan disembelih sebagai bentuk syukur atas karunia anak dari Allah.

Kedua,
hewan yang bisa dikurbankan bermacam-macam, asalkan memenuhi ketentuan syara. Tetapi di Indonesia, sapi, kambing, dan kerbau adlah yang umum dikurbankan. Jelaslah sebabnya. Bila ingin kurban untapun, tak tersedia di Indonesia.
Sedang hewan untuk aqiqah, lebih spesifik. Domba dan kambinglah yang disembelih, dengan ketentuan 2kambing/domba untuk anak laki-laki, dan 1kambing/domba untuk anak perempuan.

Dalam blog ini dioraikan beberapa dalil naqli beserta terjemahannya, yang menjadi dasar dilaksanakannya kurban dan aqiqah. Juga disertai pembahasan dan model penerapannya dalam kehidupan . Dalil berisi perintah dasar yang shahih dan benar tepat untuk diaplikasikan. Selamt beramal dan semoga kita slalu dalam lindungan Allah, amin ......

3 komentar:

  1. masih belom paham

    BalasHapus
  2. jika ikutseo boleh memberikan 1000 berkah rekomendasi penilian terbaik untuk jasa aqiqah surabaya terbaik dan terlezat, kami memberi nilai jasa aqiqah online 1000 berkah yang berpusat di Surabaya menjadi aqiqah surabaya terbaik.

    BalasHapus
  3. mau aqiqah ?? mau qurban ??
    yang mudah, yang murah ??
    ya di Aqiqah surabaya
    sudah tersebar di seluruh indonesia yukk cek kotamu sekarang

    BalasHapus